Tempat Cuci Piring Yang Ideal

7 Feb 2017

Dapur merupakan ruangan yang selalu ada di setiap hunian. Keberadaan ruangan ini sangat dibutuhkan oleh penghuni, baik untuk kebutuhan dalam hal makanan dan minuman, mau pun untuk melakukan pembersihan terhadap bahan-bahan makanan dan minuman, juga peralatan. Satu area utama yaitu tempat cuci piring harus selalu ada di sebuah ruangan dapur. Meski untuk sebagian hunian, area ini tidak ada dan disatukan dengan area pencucian lainnya karena alasan-alasan terstentu. Biasanya area cuci piring berbentuk seperti bak yang berfungsi sebagai wadah menyimpan cucian peralatan makan, minum, dan masak. Tahukah bahwa tempat untuk mencuci piring tersebut memiliki standar atau ideal? Berikut ulasannya.

1. Sesuaikan dengan Tinggi Tubuh

Ukuran tempat cuci piring yang ideal ialah berkisar 80cm hingga 90cm. Tetapi lebih tepatnya adalah yang sesuai dengan tinggi tubuh. Mencuci piring dan peralatan makan juga masak lainya dilakukan seara rutin. Bila tinggi bak tidak sesuai maka akan memberi resiko gangguan postur tubuh. Selain itu, tempat untuk mencuci peralatan dapur yang terlalu tinggi tidak akan membuat nyaman.

2. Jauhkan dari Area Kompor

Tempat untuk mencuci peralatan dapur idealnya jauh dari area memasak. Hal ini berhubungan dengan keamanan serta kenyamanan. Sangat mendatangkan resiko berbahaya bila area mencuci terlalu dekat dengan kompor. Serta akan terlihat kotor dan tidak rapi.

3. Dekat dengan Jendela

Yang berikutnya ialah tempat cuci piring harus dekat dengan jendela tempat cahaya dan udara masuk. Karena area mencuci mudah mengalami lembap akibat selalu terkena air. Kondisi tersebut beresiko menumbuhkan jamur dan kuman. Selain itu akan memberi dampak kotor. Aroma tidak enak dari sisa-sisa makanan yang tersisa di peralatan makan dan masak juga jadi lebih cepat menghilang.

4. Selalu Jaga Kebersihan

Seperti yang sudah disebutkan, area mencuci di dapur beresiko mudah terkena jamur dan kuman. Untuk itu harus selalu dibersihkaan secara rutin. Misalnya dengan selalu mengelap bagian-bagian yang terkena air, juga menggosok dan menyikat memakai sabun secara rutin. Usahakan jangan ada bagian yang berkarat.

Itu dia empat poin yang merupakan poin ideal untuk area mencuci peralatan di dapur. Bukan hanya soal keindahan, memiliki dapur yang bersih dan rapi, juga ideal akan menciptakan suasana yang lebih nyaman. Agar peralatan dapur dan area-area seperti area memasak atau pun mencuci bersih, gunakanlah sabun cuci piring cair yang telah teruji dapat membuang kotoran dan kuman lebih maksimal seperti Sunlight di mana memiliki aroma yang segar. Dapur Anda akan menjadi lebih bersih dan nyaman. Semoga ulasan seputar tempat cuci piring ini bermanfat dan menambah infromasi bagi Anda, serta membantu agar memiliki dapur yang ideal.

Sumber : Cara Memilih Tempat Cuci Piring Yang Tepat


TAGS tempat cuci piring tempat cuci piring yang ideal tempat cuci piring yang tepat


-

Author

Search

Recent Post